Sunday, February 21, 2021

Recount Text

Recount text bercerita tentang kejadian-kejadian/ peristiwa yang telah berlalu/lampau. Biasanya tentang pengalaman pribadi penulis.

Struktur Teks

1. Orientation (Orientasi)

Berisi pendahuluan tentang tokoh yang ada dalam cerita tersebut, peristiwa yang terjadi, tempat dan waktu peristiwa itu terjadi.

2. Series of Events (Urutan-urutan kejadian):

Berisi jalinan peristiwa/kejadian yang ada dalam cerita pengalaman tersebut. Bagian ini biasanya terdiri atas beberapa peristiwa.

3. Re-orientation (Re Orientasi):

Berisi tentang rangkuman/ penutup cerita (optional atau bisa dibuat atau tidak)

Karakterisitik

1. Menggunakan past tense

2. Menggunakan action verbs

3. Menggunakan Adverbial phrase

4. Menggunakan conjuction and time connectives

contoh

Orientation

I spent my last summer holiday in Seoul, South Korea. I went there with my friends

Series of events

On the first day, I was landed at Incheon Airport around 7 AM after a 6 hours long flight. Then I went to Seoul by train and checked in to the hotel I already booked. I decided to take a rest for a while. At night, I went to Hongdae, a famous district in South Korea. I went to eat traditional Korean food. On the next day, I went to the Gyeongbokgung Palace and National Museum. I also went to learn how to make Kimchi and see the scenery of Seoul from Seoul Tower. I went back to the hotel at 10 PM and immediately went to sleep.

Reorientation

I spent my last day in Myeongdong and bought some stuffs and souvenirs for my family and friends. I also ate the street food there. I went to the airport at 3 PM because my flight was at 5 PM. I had a fantastic experience in South Korea and made wonderful memory with my friends. It was a great trip.

artinya

Orientation

Aku pergi ke Seoul, Korea Selatan untuk menghabiskan liburan musim panasku. Aku pergi ke sana bersama teman-temanku.

Series of events

Hari pertama, aku sampai di bandara Incheon sekitar jam 7 pagi setelah 6 jam penerbangan. Lalu aku ke Seoul dengan kereta dan check in di hotel yang telah aku pesan. Aku memutuskan untuk beristirahat sebentar. Malamnya, aku pergi ke Hongdae, daerah terkenal di Korea Selatan. Aku makan makanan khas Korea. Keesokan harinya, aku mengunjungi istana Gyeongbokgung dan Museum Nasional. Aku juga belajar cara membuat Kimchi dan menikmati pemandangan Seoul dari Seoul Tower. Aku kembali ke hotel jam 10 malam dan langsung tidur.

Reorientation

Hari terakhir aku habiskan di Myeongdong dan membeli beberapa barang dan oleh-oleh untuk keluarga dan teman-temanku. Aku juga makan jajanan di sana. Aku berangkat ke bandara pukul 3 sore karena penerbanganku pukul 5 sore. Aku mendapat pengalaman yang menyenangkan di Korea Selatan dan kenangan indah bersama teman-temanku. Pergi ke Korea Selatan merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan