Friday, February 15, 2019

Pengertian Invitation

Undangan (Invitation)
Invitation merupakan undangan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain untuk menghadiri sebuah acara penting, misalnya perayaan ulang tahun, ulang tahun perkawinan, kelahiran anak, kelulusan sekolah-kuliah, perpisahan, hari jadi perusahaan, lembaga atau instansi dan lain sebagainya.
Invitation biasanya berisi nama orang yang diundang, jenis acara, waktu (hari, tanggal, dan jam) pelaksanaan acara, tempat penyelengaraan acara, dana nama orang yang mengundang.

Bagian-bagian serta ciri-ciri teks Invitation:

Social Function (Fungsi sosial) :
·         To inivite someone to come to an event (untuk mengundang seseorang agar datang ke sebuah acara)

Generic Structure (Struktur Generik) :
Title or Type of Event
1.      Invitee (Penerima) :
The name of person who is invited (nama orang yang diundang)
2.      Body of invitation (Isi dari undangan):
Including occasion, day or date, time and place (Termasuk diantaranya adalah keperluan, hari atau tanggal, waktu dan tempat)
3.      Inviter (Pengundang) :
Person who invites the receiver or the invitee (Orang yang mengundang orang yang diundang)
4.      Closing (Penutup) :
Including the contact person to give the information whether the invitee will come or not or hope of the writer to the receiver to come to the event or information about the dress code of the event. (Termasuk didalamnya adalah adanya orang yang bisa dihubungi (kontak person) untuk memberikan informasi apakah yang diundang/penerima undangan akan datang atau tidak, atau harapan dari penulis kepada penerima untuk datang ke acara atau informasi tentang kostum/baju yang dipakai dalam acara tersebut.

Lexicogrammatical Features (Fitur lexicogrammatikal) :
Use the detailed date, time and place to tell where and when the events begin. (Gunakan tanggal, waktu dan tempat yang tepat untuk memberi tau dimana dan kapan acara dimulai)
Use of persuasive words to persuade people (Gunakan kata persuasiv untuk membujuk/rayu orang)
Use of future tense to give informastion about the time, date and place the event will be held. (Gunakan Future Tense –bentuk tenses- untuk memberi informasi tentang waktu, tanggal dan tempat acara akan dilaksankan.

No comments:

Post a Comment

Banner